Select Page

Sabu untuk mencuci motor

 

Motor menjadi salah satu alat transportasi paling diminati oleh berbagai kalangan. Salah satu faktor yang mendasarinya adalah  kendaraan roda dua ini memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan mobil. Tak heran jika di Indonesia banyak ditemukan para pengguna sepeda motor. Mulai dari motor bebek, sport hingga motor matic. Meski harga yang  murah mobil, bukan berarti kamu bisa seenaknya dalam memberikan perawatan terhadap sepeda motormu. Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui terutama dalam melakukan perawatan terhadap cat pada bodi kendaraan. Salah satunya adalah pemilihan sabun untuk mencuci motor.

Taukah kamu kebersihan motor sangat mempengaruhi estetika pada motor ?. maka dari itu sebagai pecinta motor kita harus sangat memperhatikannya. Sebelum kita membersihkan motor, pastinya kita harus menyiapkan sabun untuk mencuci motor.

Banyak sekali orang yang belum paham mengenai betapa pentingnya memilih sabun untuk mencuci motor. Kesalahan dalam memilih sabun dapat menyebabkan motor kamu baret loh. Oleh karena itu, Admin bakal share beberapa tips dalam memilih sabut untuk mencuci motor yang baik, agar motor kalian tetap terlihat seperti baru.

 

1. Pilih Jenis warna sabun untuk mencuci motor yang tepat

 

Sabun Untuk Mencuci Motor

 

Ada 2 jenis warna pada motor, yaitu doff dan gloss, dan jenis sabunnya pun berbeda. Jika motor kamu memiliki warna Gloss, kamu harus memilih sabun yang memiliki kandungan wax di dalamnya. Wax ini berfungsi sebagai pelapis cat pada motor kamu, sehingga motor kamu tampil jauh lebih mengkilap.

Sedangkan, jika motor kamu memiliki warna Doff atau cenderung soft dengan permukaan kasar dan tidak mengkilap, admin sarankan untuk hindari sabun motor dengan kandungan wax.

Hal ini karena, penggunaan shampo yang memiliki kandungan wax pada motor berwarna doff dapat merusak permukaan cat motor. Untuk itu, hindarilah menggunakan shampo dengan kandungan ini apabila motormu memiliki warna doff atau matte.

 

2. Jangan Gunakan Sabun dengan kandungan zat kimia yang keras

 

Sabun Untuk Mencuci Motor

Admin sangat tidak merekomendasi menggunakan sabun, selain sabun yang di peruntukan untuk motor. Contohnya mencuci motor dengan shampo rambut, hal ini dapat memicu cat menjadi kusam serta munculnya bercak putih pada bagian bodi.

Sebab, pada kedua barang tersebut memiliki kandungan zat kimia yang keras dan dapat merusak cat motor. dan itu malah membuatnya tampak lebih kusam dan akan meninggalkan beberapa bekas bercak pada motor.

 

3. Pilihlah sabun dengan kandungan pH 7

 

Detergen Sabun Untuk Mencuci Motor

Banyak sekali sabun motor yang beredar di pasaran dan bisa kamu jadikan pilihan. Nah, agar tak salah dalam memilih, ada baiknya kamu memperhatikan kandungan pH atau tingkat keasaman di dalamnya.

Kandungan pH yang baik adalah pH 7, di mana ia adalah bentuk nilai yang netral dan sangat ideal untuk digunakan karena aman bagi cat motor maupun kulit. Sedangkan, apabila pH yang terkandung di bawah 7, maka hal itu berarti produk sabun tersebut memiliki kandungan asam yang tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan pada cat motor apabila digunakan terus menerus.

Selain itu, jika kandungan pH yang ditawarkan berada di atas 7, biasanya produk shampo motor ini memiliki zat basa yang cukup tinggi dan dapat berbahaya bagi kulit.

Sekian untuk tips dalam memilih sabun motor. Untuk mencari tips-tips lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi link di bawah ini:

 

  1. cara membuat motor mengkilap seperti baru
  2. Perawatan Cat Mobil Warna Hitam Anti Kusam