Select Page

Blackpart Peduli

Memperingati Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day)

Blackpart Brothers and Sisters, 4 Februari 2021 nanti kita akan merayakan Hari Kanker Sedunia 2021 atau World Cancer Day. Di tengah pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini, Blackpart turut ikut lebih peduli terhadap kesehatan para pengendara si hitam. Faktanya, sehat adalah kunci utama sebelum Blackpart Brothers and Sisters bisa bebas berkendara ke mana saja. Tanpa menjaga kesehatan, si hitam pasti akan bertambah kusam terbengkalai.

Karena itu, Blackpart Peduli ingin ikut serta dalam peringatan Hari Kanker Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 4 Februari ini. Seperti yang kita ketahui bersama, kanker adalah penyakit yang mematikan. Blackpart Peduli kali ini tidak hanya ingin mengajak semua brothers and sisters untuk lebih menjaga kesehatan, tetapi juga untuk menyemangati teman-teman kita yang sedang berjuang melawan kanker.

Berbagai Kampanye Penyakit Kanker di berbagai belahan dunia

Blackpart percaya perayaan ini terasa kurang tanpa mengetahui terlebih dahulu fakta dibalik Hari Kanker Sedunia. Pada awalnya perayaan ini diinisiasi oleh Union for International Cancer Control (UICC). Lalu bagaimana perkembangannya sampai hari ini? Yuk, simak terlebih dahulu 5 fakta tentang Hari Kanker Sedunia berikut ini:

1. Tujuan Perayaan Hari Kanker Sedunia

Kondisi serba sulit yang kita hadapi sejak awal tahun 2020 akibat pandemi, sebaiknya tidak menurunkan kewaspadaan Balckpart’s Brothers and Sisters pada bentuk-bentuk penyakit lainnya. Berdasarkan data, setiap tahun ada 9,6 juta orang akan mati karena penyakit kanker. Begitu mematikannya penyakit ini sampai Hari Kanker Sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia mengenai bahaya kanker.

Diketahui, kanker merupakan masalah kesehatan yang bisa membuat siapa saja penderitanya kritis. Walaupun terdengar menakutkan, setidaknya sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah. Upaya untuk pencegahan ini menjadi penting untuk disebarluaskan. Semakin banyak masyarakat yang sadar akan bahaya kanker dan melakukan upaya pencegahan, maka kualitas kesehatan masyarakat pun bisa meningkat. Alasan ini lah yang akhirnya menjadikan perayaan Hari Kanker Sedunia memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

2. Hari Kanker Sedunia Dibentuk Tahun 2000

Dalam acara World Summit Against Cancer di Paris, Prancis pada tahun 2000, dibentuklah  Perayaan Hari Kanker Sedunia. Pada awalnya World Summit Against Cancer ini membahas tentang penelitian, pencegahan, peningkatan layanan serta kesadaran terkait penyakit kanker. Untuk mengajak lebih banyak orang sadar akan bahaya kanker, maka ditetapkanlah Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada setiap 4 Februari.

3. Tema Hari Kanker Sedunia

Tema Hari Kanker Sedunia bisa berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2020, tema yang diusung adalah  ‘I Am and I Will’. Tema tersebut memiliki arti ajakan untuk segera bertindak mewakili kekuatan individu untuk mempengaruhi masa depan. Harapannya, tema ini bisa mengajak mereka yang bukan pasien untuk lebih sadar perihal menjaga kesehatan dan menghindari kanker, Selain itu, tema ini juga mengajak para pejuang kanker untuk bebas dari penyakit yang mematikan ini. Rencanya, hingga tahun ini (2021) temanya tetap mengusung ‘I Am and I Will’. Hal ini karena tema tersebut telah disepakati untung diusung sejak tahun 2019 hingga tahun 2021.

4. Tanda dan Gejala Kanker

Seperti tujuannya, Hari Kanker Sedunia yang ingin meningkatkan kesadaran masyarakat. Sebenarnya, terdapat tanda dan gejala umum kanker yang bisa diwaspadai. Masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum berubah menjadi lebih ganas dan tidak terkendali. Tanda dan gejala kanker yang bisa menjadi acuan bagi Blackpart’s Brothers and Sisters untuk lebih waspada diantaranya:

Pertama, berat badan yang turun secara drastis.

Ciri kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksa.

Kemudian,  terjadinya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.

Keempat, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu.

Ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

Dengan mengetahui tanda dan gejala kanker ini, semoga peringatan Hari Kanker Sedunia ini bisa menghindarkan Blackpart’s Brothers and Sisters dari penyakit kanker.

5. Hari Kanker Sedunia Menyelamatkan 3,7 Juta Orang

Fakta menarik lainnya untuk Blackpart’s Brothers and Sisters adalah  Penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan. Dengan begitu, melalui Blackpart Peduli ini, semoga kita semua bisa terlindungi dari penyakit mematikan yang belum ditemukan obatnya ini.

Selamat Hari Kanker Sedunia untuk semua Blackpart’s Brothers and Siters dimana pun kalian berada!

Jangan lupa tetap jaga kesehatan biar si hitam tetap hitam di tangan bro and sis!

 

Cari tahu lebih banyak tentang Blackpart di:

Perawatan Cat Mobil Warna Hitam Anti Kusam

Cara Agar Warna Cat Mobil Tetap Mengkilap

Cara Mudah Hilangkan Goresan pada Mobil