Select Page

Banyak orang tua yang bermimpi agar anaknya menjadi pembalap yang sukses dan terkenal. Untuk mencapai hal itu, maka dibutuhkan latihan sedari dini agar nantinya terbiasa mengendarai sepeda motor. Motor yang digunakan tentu bukan motor sembarangan,tapi sepeda motor anak, karena harus harus disesuaikan dengan postur anak kecil. Nah, salah satu pilihan paling tepat adalah membeli motor trail mini.

Ada banyak sekali motor trail mini yang beredar di pasaran. Namun tak semuanya berkualitas, karena beberapa diantaranya hanya sebatas mainan, sehingga kurang cocok dijadikan sebagai ajang latihan. Motor trail mini berkualitas pasti harganya sangat mahal, karena spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan balapan motor cross mini, sehingga tenaga dan torsinya jauh lebih besar.

Apabila hanya sekedar untuk mainan, maka masbro bisa membeli sepeda motor anak yang harganya dibawah 10 Juta. Pilihannya juga sangat banyak, namun kebanyakan berasal dari brand-brand yang kurang terkenal. Apabila menginginkan motor trail mini dari merek-merek ternama sekelas Honda, Kawasaki, KTM, dan Yamaha, maka masbro harus siap-siap mengeluarkan uang puluhan juta rupiah.

Tak semua motor trail mini murah memiliki kualitas yang baik. Apabila ingin yang terbaik, maka masbro harus rela mengeluarkan uang hingga melebihi 50 Juta Rupiah. Yah, harga motor trail mini terbaik memang mahal. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah asalkan kita mendapatkan motor mini trail yang mumpuni dan bisa diandalkan untuk balapan motocross. Nah untuk mengetahui apa saja tipenya, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Kawasaki KX 65

Sepeda Motor Anak

Untuk mendapatkan motor trail mini Kawasaki ini, masbro harus merogoh kocek sekitar Rp. 36.9 Juta. Harga motor trail mini tersebut memang cukup mahal, karena spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan balapan. Dimana mesinnya berkapasitas 64cc dengan konfigurasi mesin 2 tak berpendingin cairan serta dilengkapi teknologi KIPS dan karburator. Pada bagian depan Kawasaki KX 65 telah terpasang suspensi teleskopik dan untuk bagian belakang memakai monoshock.

2. Honda CRF110F

Sepeda Motor Anak

Berbeda dengan motor trail mini di atas, Honda CRF110F sudah menggunakan mesin 4 Tak yang dilengkapi teknologi Fuel Injection. Mesin tersebut memiliki kapasitas 109cc dan didukung transmisi 4 percepatan dengan kopling manual. Mendapatkan motor trail mini Honda ini memang cukup sulit, karena sejatinya tidak dijual secara bebas di Indonesia. Masbro harus membelinya melalui importir umum dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan harga motor trail mini Honda CRF110L di luar negeri yang mencapai USD$2.399 atau setara Rp. 33 Jutaan.

3. KTM 85 SX 19/16

Spesifikasi motor trail mini bermesin 84.9cc tersebut tak main-main. Mesin yang dipakainya merupakan mesin 2 tak satu silinder yang dipadukan dengan transmisi 6 percepatan. Selain itu, KTM 85 SX dibekali suspensi depan Upside Down dengan diameter 43 mm yang menjadikan handling lebih nyaman dan lebih stabil saat melibas berbagai rintangan. KTM juga menyediakan dua versi ban yang terdiri dari 19/16 dan 17/14.

4. Yamaha YZ85

Sepeda Motor Anak

Rata-rata motor trail mini yang digunakan untuk balapan memiliki spesifikasi bermesin 2 tak. Begitu pula dengan yang dimiliki Yamaha YZ85. Motor trail Yamaha ini ditenagai mesin 2 tak berkapasitas 85cc dengan sistem pembakaran karburator Keihin® PWK 28 dan transmisi 6 percepatan. Pada bagian depan juga terpasang suspensi Upside Down dan didukung rem cakram hidrolik di kedua rodanya. Sedangkan untuk harganya dibanderol $4,599 atau setara Rp. 64 Jutaan.

5. Suzuki RM85

Sepeda Motor Anak

 

Tak ingin kalah dari Honda dan Yamaha, Suzuki juga memasarkan motor trail mini untuk pembalap muda yang ingin menjadi juara diajang motocross. Nah, salah satu motor trail mini Suzuki terbaik saat ini adalah Suzuki RM85 yang dijual dengan harga USD$4.199 atau setara Rp. 58 Jutaan. Sama halnya dengan Yamaha YZ85, motor trail mini ini juga ditenagai mesin 2 tak dengan kaapsitas 84.7cc dan dibekali transmisi 6 percepatan. Suspensi depannya juga Upside Down dan sudah menggunakan rem cakram dikedua rodanya.

Nah itulah beragam pilihan motor trail mini terbaik dan murah di Indonesia. Beberapa motor di atas harus dibeli melalui importir umum, terutama motor trail Yamaha, Honda, dan Suzuki yang notabennya tidak dipasarkan secara resmi di Indonesia. Harga motor trail mini yang kami sampaikan juga bisa berbeda dengan harga di Indonesia, karena belum termasuk biaya import dan pajak. Sekian informasi harga motor trail kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Para Blackerz yang ingin menggali lebih dalam tentang otomotif dapat membaca artikel di bawah ini :

  1. Cara Merawat Motor Matic Agar Awet, Ini 8 Tipsnya
  2. Jangan Salah Pilih Sabun Untuk Mencuci Motor
  3. Penghitam Body Motor Ini Bisa Buat Motor Kaya Baru