Select Page

Setelah pemakaian berbulan-bulan atau bertahun-tahun, warna cat mobil hitammu bisa berubah. Ada yang karena tergores atau memudar seiring meningkatnya mobilitas. Karena itu, kamu pun mulai mempertimbangkan beberapa opsi perawatan yang salah satunya adalah cat ulang mobilmu secara full body. Tapi apakah itu pilihan terbaik? Ketahui dulu estimasi biaya yang perlu kamu keluarkan dan sesuaikan dengan budgetmu. Berikut ini informasi yang perlu kamu ketahui terkait perbanding biaya cat ulang mobil.

Cat Ulang Mobil Hitam Full Body

 

Biaya Cat Mobil Hitam Full Body

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pengecatan mobil hitam full body di bengkel resmi itu lebih mahal dibandingkan di bengkel pinggir jalan yang sering kita jumpai. Bengkel resmi pun biasanya mempunyai antrian pengerjaan yang lebih panjang sehingga kamu perlu lebih bersabar menunggu mobil selesai dicat ulang.

Sebagai gambaran, biaya pengecatan di Auto2000 berkisar antara Rp700 ribu per panel sampai Rp1,8 juta untuk atap. Jika dibandingkan dengan bengkel non resmi, kamu bisa menemui perbedaan harga yang berkisar Rp 200-300 ribu lebih murah dibandingkan bengkel resmi seperti Auto200 dan dealer resmi merk mobil lainnya.

Bengkel Resmi

Nah, untuk estimasi biaya cat ulang full body mobil hitammu dengan metode cat oven, kira-kira akan seperti ini:

  • Siram full body dengan bahan Blinken,Apsara, DuPont, Nippon Paint, harga mulai dari Rp 4 Juta (Tergantung kondisi body dan pilihan warna hitamnya)
  • Siram full body dengan bahan Spies Hecker atau Sikkens harga mulai dari Rp 6,5 juta sampai Rp 9 juta (Tergantung besar body dan pilihan warna hitamnya).

 

Biaya Cat Body Mobil yang Per Panel?

Walaupun sebenarnya kamu sangat ingin mengecat ulang mobil hitammu secara full body, tapi ada kalanya budget tidak mencukupi atau kamu butuh pengerjaan yang lebih cepat maka mengecat body mobil per panel pun bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan.

Cat Ulang Mobil Per Panel

Bicara mengenai harga cat mobil per panel dan full bodi di bengkel resmi dan non resmi pastinya berbeda-beda. Berikut ini estimasi biaya pengecatan mobil di bengkel body repair non resmi memakai cat jenis polyurethane:

  • Harga Per panel standard Rp 300.000 – Rp 450.000 
  • Kap Mesin & Bagasi Rp 400.000 – 600.000
  • Atap Mobil Rp 500.000 – Rp 800.000

Biaya yang lebih terjangkau bisa kamu dapatkan dengan memilih cat berbahan Acrylic Lacquer. Sebagai gambaran, berikut ini estimasi harga termurah pengecatan per panel memakai cat Acrylic Lacquer:

  • Kap Mesin Rp 450.000,-
  • Kabin Atas Rp 650.000,-
  • Kap Bagasi Rp 350.000,-
  • Pintu Per-Panel Rp 350.000,-
  • Fender Per-Panel Rp 350.000,-
  • Bemper Depan Rp 350.000,-
  • Bemper Belakang Rp 350.000,-

Untuk merk cat mobil hitammu, semakin berkualitas maka semakin tinggi juga biayanya. Beberapa merk seperti Spies Hecker dan Sikkens itu harganya sekitar Rp 800 ribu per panel. Biasanya, biaya pengecatan memakai cat merek bagus akan lebih mahal antara 1,5 sampai 2 kali lipat merek biasa per panelnya.

 

Pilihan Lain yang Lebih Murah

Setelah mempertimbangkan kondisi mobil hitammu saat ini dan biaya cat ulang full body mobil yang kamu miliki, mungkin kamu mulai memikirkan ada tidaknya alternatif lain yang bisa lebih murah dan lebih mudah. Eits, tenang saja! Kami punya jawabannya:

Sebelum membawa mobil hitammu ke bengkel untuk cat ulang dan menghabiskan banyak biaya, kamu bisa terlebih dahulu merasakan sensasi dari Nero Black yang bisa menjaga warna hitam pada cat mobilmu agar tampil anti kusam. Hanya dengan Rp49.000 saja kamu bisa mendapatkan mobil hitammu tampak seperti baru.

 

Jadi tunggu apalagi? Segera kembalikan warna hitam pada mobilmu! Pemesanan bisa langsung kamu lakukan disini.

 

Cari tahu lebih banyak tentang Blackpart di:

Perawatan Cat Mobil Warna Hitam Anti Kusam

Cara Agar Warna Cat Mobil Tetap Mengkilap

Cara Mudah Hilangkan Goresan pada Mobil