Select Page

motor kopling

Pastinya banyak dari kalian yang belum sama sekali bisa mengendarai motor cowok atau motor yang menggunakan sistem tarik kopling, dimana terkadang cara mengendarai motor kopling sangatlah sulit. Karena jika terlalu kaku bisa saja motor mati dengan sendirinya. Cara mengendarai motor yang memiliki sistem tuas kopling seperti motor jenis sport dan big bike tidak sama dengan motor matic maupun bebek.

Biasanya kejadian mati mesin untuk motor kopling pada saat belok dan juga pada saat berhenti, untuk di perjalanan lurus biasanya jarang yang mati. Karena itu Blackmin akan memberikan ulasan bagaimana caranya belajar mengendarai motor kopling dengan mudah dan juga praktis. Yuk kita simak 5 tips nya.

 

1. Memegang Tuas Kopling Motor dengan Tangan

motor kopling gear

Langkah pertama jika anda ingin belajar cara mengendarai motor kopling, maka kalian bisa merenggangkan tangan kiri kalian terlebih dahulu, agar lebih lemas dan juga tidak kaku. (lihat tangan kiri pada gambar)

Biasanya para pengendara pemula merasa kaku pada bagian tangan kirinya akibat gugup, karena biasanya cuma memegang stang motor tanpa kopling atau sebatas hanya untuk rem khusus motor matic.

Nah untuk itu renggangkan terlebih dahulu agar lebih lemas, anda bisa menggunakan botol yang diisi dengan menggunakan air lalu di tutup, kemudian pegang lehernya dan putar-putar kan untuk melemaskan pergelangan tangan.

Baca juga : Cara Merawat Motor Matic Agar Awet, Ini 8 Tipsnya

 

2. Nyalakan Motor Kopling dan Menekan Tuas Kopling

cara mengendarai motor kopling

Awalnya tentu kita menyalakan motor. Kemudian pada saat motor sudah on, kita bisa langsung mulai memegang bagaian stang motor dan juga menekan bagian tuas kopling, hingga menempel atau sedikitnya jarak 5 cm dari stang motor.

Hal ini dikarenakan karena mesin akan mulai pembakaran ketika tuas kopling di tarik. Nah untuk memulai menjalankannya, silahkan anda bisa memasukkan 1 gigi pertama setelah itu tarik tuas stang gas perlahan, sambil sedikit melepaskan tuas kopling.

Baca juga : 5 Sepeda Motor Untuk Anak 10-17 Tahun

 

3. Melepas Tuas Kopling, Tapi Motor Tidak Mati

cara mengendarai motor kopling gear

Nah setelah itu jika kalian sudah berhasil untuk start up berarti kalian sudah paham dengan teknik yang kedua, cara mengendarai motor kopling untuk di perjalanan lurus kalian bisa melepaskan kopling.

Maksud saya disini bukan langsung melepasnya, namun tetap memegangnya, karena pada saat motor sudah mulai melambat motor perlu daya tarik lagi, sehingga kalian bisa menekan kopling lagi hingga kedalam.

Setiap memulai start dan juga ingin berhenti, selalu ingat untuk mengatur kopling agar kendaraan bergerak dengan aman.

Baca juga : Penghitam Body Motor Ini Bisa Buat Motor Kaya Baru

 

4. Berhenti Mengendarai dan Mematikan Motor Kopling

Yamaha RX King

Setelah menghentikan motor kopling, biasanya pemula langsung akan matikan mesin. Tapi untuk para senior yang sudah terbiasa biasanya mesin motor masih hidup, lalu langsung menggunakan kunci untuk turn off motor dengan baik. Atau jika motor anda injeksi maka matikan terlebih dahulu injeksi motor anda.

Baca juga : Jangan Salah Pilih Sabun Untuk Mencuci Motor

 

5. Pilihlah Tempat Belajar Motor Kopling Yang Sepi

belajar motor tempat sepi

Tentunya hal ini sangat penting untuk keselamatan pengendara dan juga orang lain. Bila belum terbiasa, maka ada resiko jatuh ataupun menabrak. Pastikan berhat-hati dalam belajar dan juga ditemani oleh orang lain untuk membantu bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Cara ambil SIM motor, dan berbagai tipe SIM motor

 

Jika masih kesulitan, ini ada sedikit ringkasannya :

–     Pastikan gigi pada keadaan Netral biasanya di tandai dengan huruf N
–     Tekan + tahan tuas kopling di tangan sebelah kiri
–     Injak pedal gigi untuk mengoper ke gigi 1
–     Lepas tuas kopling yang ada di tangan secara perlahan + di barengi dengan memutar handle gas untuk menjalankan motor, ingat pada pemutaran handle gas cukup sedikit saja jangan terlalu banyak.
–     Jika ingin mengoper gigi selanjutnya caranya sama dengan cara di atas akan tetapi berbeda pada pengoperannya. Pada gigi 2 – 5 pengoperan gigi yang di injak pada bagian belakang.
–    Jangan lupa untuk setiap kali ingin berhenti, anda harus menahan tuas kopling.