Select Page

Hari Kanker Sedunia dirayakan setiap 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Peringatan ini dibentuk oleh Union for International Cancer Control untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Hari Kanker Sedunia

Ilustrasi. Peringatan Hari Kanker Sedunia 2020 mengambil tema untuk menyadarkan bahwa setiap orang punya kapasitas dan peran untuk mencegah kanker. 

Lebih dari 40% dari semua penyakit kanker dapat dicegah dan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker kolorektal dan kanker leher rahim dapat disembuhkan jika terdeteksi dini.

Angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23. Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki – laki adalah kanker paru yaitu sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk, yang diikuti dengan kanker hati sebesar 12,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 7,6 per 100.000 penduduk. Sedangkan angka kejadian untuk perempuan yang tertinggi adalah kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk yang diikuti kanker leher rahim sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk.

Berikut fakta Hari Kanker Sedunia:

1. Tujuan Perayaan

Hari Kanker Sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dunia mengenai bahaya kanker. Diketahui, kanker merupakan masalah kesehatan yang kritis.

Walaupun begitu, setidaknya sepertiga dari penyakit kanker dapat dicegah. Sehingga perayaan Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien kanker yang meninggal dunia.

2. Dibentuk Tahun 2000

Perayaan Hari Kanker Sedunia dibentuk pada tahun 2000 dalam acara World Summit Against Cancer di Paris, Prancis. Tak jauh berbeda, perayaan World Summit Against membahas tentang penelitian, pencegahan, peningkatan layanan serta kesadaran soal penyakit kanker.

3. Tanda dan Gejala Kanker

Terdapat tanda dan gejala umum kanker pada seseorang. Sehingga, masyarakat bisa mencegah penyakit kanker sebelum menjadi lebih ganas. Pertama, berat badan yang turun secara drastis.

Ciri kedua gejala kanker adalah benjolan. Biasanya benjolan bisa muncul di berbagai tempat, seperti payudara, perut dan lainnya sehingga harus segera diperiksakan.

Hari Kanker Sedunia juga meminta agar masyarakat lebih waspada terhadap gejala kanker, seperti adanya pendarahan pada bagian yang tidak lazim. Contohnya, bagi wanita yang belum memasuki masa datang bulan tetapi mengalami menstruasi.

Keempat, adalah rasa nyeri yang menetap pada bagian tubuh tertentu. Serta, ciri yang terakhir adalah rasa lelah dan lesu yang tak kunjung hilang.

4. Selamatkan 3,7 Juta Orang

Penyelenggaraan Hari Kanker Sedunia disebut-sebut bisa menyelamatkan setidaknya 3,7 juta orang setiap tahunnya. Sebab, dalam perayaan tersebut terdapat informasi mengenai deteksi dini hingga pencegahan.

Dalam rangka mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Indonesia, perlu adanya upaya masif yang dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kanker.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pasien kanker, Kami tim blackpart ID mengajak teman-teman untuk bantu berdonasi dengan membeli produk kami, 20% dari total penjualan produk kami,akan kami serahkan ke pada Yayasan Kanker Indonesia (YKI). 

Donasi dibuka dari tanggal 17 Januari sampai 2 Februari 2021, dan donasi tersebut akan kami serahkan ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI) pada tanggal 4 Februari 2021.

 

Keep updates with us!

Waspada! Penyebab Kanker Kulit Untuk Pengguna Motor

Biaya Cat Ulang Mobil Hitam Full Body

5 Sepeda Motor Untuk Anak 10-17 Tahun