Select Page

Hari Kanker Sedunia

Kalau kita merawat motor agar tidak rusak, apalagi badan kita sendiri. Tentunya kita harus menjaga kesehatan agar badan kita tetap fit dan sehat. Momen Hari Kanker Sedunia ini dapat menjadi pengingat kita.

Memiliki tubuh yang sehat menjadi keinginan semua orang. Cara menjaga kesehatan tubuh sebenarnya tidaklah terlalu sulit, kita bisa mengikuti 5 tips menjaga kesehatan berikut ini.

1. Mencegah Kanker : Konsumsi Makanan Sehat

hari kanker sedunia makanan sehat

Dalam hari kanker sedunia ini, kita perlu memperhatikan makanan kita. Tips menjaga kesehatan tubuh dipengaruhi dari apa yang Anda konsumsi setiap hari. Makanlah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat (nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum), lemak sehat (alpukat, biji-bijian, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar, dan kacang-kacangan), vitamin dan  mineral (asparagus, brokoli, kale, kembang kol, mentimun, jamur, kubis, lobak, labu, paprika, terong, serta wortel), protein (daging tanpa lemak, produk olahan susu, susu, dan telur). Perlu juga mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, apel, blueberry, jeruk, kiwi, lemon, mangga, nanas, pir, pisang, stroberi, dan lain-lain. Selain itu, jangan lupakan juga minuman yang sehat. Minimal hindari minuman beralkhol dan yang terlalu manis.

Baca juga : 5 Sepeda Motor Untuk Anak 10-17 Tahun

2. Berolahraga Secara Rutin Mengurangi Risiko Kanker

hari kanker sedunia olahraga

Hari Kanker Sedunia mengingatkan kita untuk tidak malas berolahraga. Tips menjaga kesehatan juga harus diimbangi dengan olahraga yang rutin. Selain baik untuk kesehatan, olahraga membantu mencegah dan mengatasi beberapa penyakit, seperti diabetes, kanker  osteoporosis, radang sendi, stroke, tekanan darah tinggi, hingga depresi. Disarankan untuk melakukan olahraga selama 20-30 menit setiap harinya.

Baca juga : Motor Klasik Murah, Cocok Untuk Investasi Kamu

3. Cukup Waktu untuk Istirahat buat Jauh dari Kanker

hari kanker tidur berkualitas

Kadang hal yang simpel seperti tidur cukup dapat mencegah kanker. Penting sekali untuk mencukupi waktu tidur setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh. Alasannya, tidur yang cukup membantu memperbaiki sel-sel tubuh, membuat tubuh menjadi segar, mempertajam ingatan, dan meningkatkan suasana hati.  Waktu tidur sebaiknya lakukan selama 7–8 jam dalam sehari.

Baca juga : Cara Merawat Motor Matic Agar Awet, Ini 8 Tipsnya

4. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

jaga kebersihan

Tips menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar untuk mencegah berbagai kuman dan virus sumber penyakit. Beberapa cara menjaga kebersihan yang baik:

  • Cuci tangan sebelum menyentuh atau menyiapkan makanan, dan setelah makan
  • Cuci tangan sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda menyentuh mata atau mulut
  • Cuci tangan Anda kurang lebih 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda
  • Mandi setiap hari sebanyak dua kali
  • Ketika sedang bersin atau batuk tutup hidung dan mulut Anda
  • Bersihkan rumah dan kamar setiap hari
  • Cuci peralatan makan dengan bersih

Baca juga : Jangan Salah Pilih Sabun Untuk Mencuci Motor

5. Tidak Merokok dan Hindari Minuman Beralkohol

no smoking

Tidak atau berhenti merokok juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok menjadi penyebab penyakit kardiovaskular, kanker, dan pernapasan.

Cara berhenti merokok di antaranya olahraga rutin, menerapkan pola makan sehat, membersihkan rumah, dan cari hobi baru untuk mengalihkan ingatan pada rokok. Selain tidak merokok, hentikan pula kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol karena minuman ini bisa memudahkan tubuh terkena infeksi bakteri dan virus karena kesehatan Anda semakin hari akan berkurang. Alkohol sendiri bisa memicu beberapa penyakit seperti ginjal, hati, sampai kanker.

Baca juga : Penghitam Body Motor Ini Bisa Buat Motor Kaya Baru

Itu tadi adalah 5 tips menjaga kesehatan yang tidak sulit untuk dilakukan. Selain kesehatan fisik, jangan lupa bahwa kesehatan pikiran juga merupakan hal yang penting. Hindari stres berlebihan dan kita perlu belajar agar bisa mengelola stres dengan baik. Perbanyak aktivitas yang baik dan positif. Lalu kurangi porsi penggunaan gadget bila sudah terlalu banyak.

Baca Juga : Mengenal berbagai jenis SIM Motor

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting karena semua menjadi tidak berarti tanpa kesehatan. Lebih baik kita mencegah penyakit, daripada berobat dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.