Select Page

Mobil warna hitam menjadi pilihan banyak orang saat membeli kendaraan. Namun, pemilik mobil berwarna gelap wajib memberikan perawatan ekstra. Sebab, kendaraan berwarna gelap cenderung reflektif alias mudah terlihat bila terkena kotoran, debu, serta goresan. Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk ke salom mobil, anda cukup melakukan perawatan sendiri yang baik dan benar, dan simak tips-tips merawat mobil hitam dibawah ini!

1. Sering Mencuci Mobil Anda

Mengembalikan Warna Mobil Seperti Baru

Bagi anda yang memiliki mobil hitam, akan lebih baik jika anda lebih sering mencuci mobil jika dibandingkan dengan mobil dengan warna lainnya. Setidaknya lakukan cuci mobil seminggu sekali agar mobil terlihat lebih mengkilap dan menawan. Selain itu, akan lebih baik jika anda melakukan cuci mobil sendiri dibandingkan dengan ke tempat cuci mobil. Sehingga anda bisa lebih jeli membersihkan setiap sela serta kotoran yang menempel di segala sudut dan celah mobil. Selain itu mencuci mobil sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya pengeluaran andaq

2. Perhatikan Teknik Mengelap

Ketika anda mengelap mobil, perhatikan teknik mengelap yang anda gunakan. Lakukan teknik mengelap dengan gerakan yang searah. Mengapa? hal ini akan menghindari dari timbulnya baret yang ada di permukaan cat mobil. Oleh sebab itu, dibutuhkan lap khusus yang seperti dijelaskan sebelumnya sehingga membuat kotoran dapat mudah terambil dan mudah dibuang.

3. Hindari Penggunaan Sabun Berbahan Deterjen

Hal lainnya yang perlu anda perhatikan ketika anda mencuci mobil anda adalah pemilihan sabun ataupun shampo yang tepat. Sifat kimiawi yang ada dalam deterjen jika terus digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa membuat lapisan cat mudah kusam, terutama bagi cat mobil berwarna hitam. Sehingga lebih disarankan untuk anda menggunakan shampoo atau sabun dengan bahan dasar air yang saat ini tersedia banyak di pasaran.

4. Pastikan Mobil Benar-Benar Kering Setelah Dicuci

Masih membahas mengenai cara mencuci mobil yang baik, perhatikan ketika anda setelah mencuci mobil. Tidak seperti warna mobil lainnya, cat mobil warna hitam sangat cenderung untuk muncul seperti bintik-bintik bekas air dikarenakan permukaan body mobil yang tidak kering secara sempurna. Meskipun mobil sudah dalam kondisi yang bersih namun tetap akan muncul bintik bintik ketika anda tidak mengeringkan permukaan body mobil dengan benar.

5. Cobalah Melakukan Paint Protection dan Proses Detailing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lapisan pernis pada cat mobil warna hitam memang sangat tipis sehingga hal ini dapat membuat tampilan mobil lebih cepat kusam apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Sehingga pentingnya untuk melakukan paint protection dan proses detailing agar lapisan pernis tetap dalam kondisi baik dan terjaga ketebalannya. Selain itu, proses ini juga dapat mampu menghilangkan segala baret serta swirl yang ada di permukaan body mobil. Biasanya proses ini dilakukan setidaknya 1 tahun sekali.

6. Gunakan Compound

Compound Mobil, Si Mungil yang Ampuh Hilangkan Baret Dalam Sekejap!

Cara mengamplikasikan cairan compound

Jika anda ingin menghilangkan jamur yang ada pada permukaan mobil, anda bisa mencoba untuk menggunakan compound. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu melumuri bagian body mobil tersebut. Namun jangan terlalu banyak, karena sifat compound yang dapat mengikis lapisan cat mobil hitam anda. Lakukan tunggu beberapa saat hingga kering dan kemudian gosok secara perlahan dengan menggunakan mikrofiber dengan gerakan yang memutar. Kemudian ulangi kembali cara tersebut hingga bercak jamur yang menempel di lapisan cat menghilang.

7. Gunakan Cairan Pengkilap

Agar membuat tampilan mobil semakin bersih dan mengkilap saat setelah selesai dicuci, anda bisa mencoba untuk menggunakan cairan pengkilap agar membuat cat mobil hitam terlihat lebih mengkilap lagi. Gunakan cairan pengkilap yang memang berkualitas dan aplikasikan pada lapisan cat mobil anda secara merata setelah bersih. Untuk bagian body yang berstruktur kulit jeruk, anda bisa menggunakan minyak agar membuat bagian tersebut menjadi mengkilap.

8. Pastikan Mobil Bersih Ketika Menggunakan Sarung Mobil

Ketika anda menggunakan sarung mobil pastikan jika kondisi dari mobil hitam anda sudah benar benar bersih, baik dari debu atau kotoran lainnya. Jika mobil yang kondisinya masih kotor namun anda gunakan sarung, maka akan membuat debut tertimbun lebih cepat. Sehingga pilihlah jenis sarung mobil yang berbahan halus sehingga nantinya tidak akan menggores lapisan dari cat mobil anda. Selain itu hindari menggunakan sarung mobil dalam kondisi basah dikarenakan dapat memicu timbulnya jamur yang tumbuh di permukaan mobil.

 

Dan Kamu bisa memakai produk Nero by Blackpart.id yang dimana product kami dapat membuat cat eksterior pada mobilmu terlihat seperti baru dengan harga Rp. 49.000 saja.

perawatan cat mobil kusam

Nero by blackpart.id

Itulah tips merawat mobil warna hitam. Semoga bermanfaat!

simak artikel lainnya untuk perawatan mobil:

Tips Merawat Mobil Setelah Terendam Air Banjir

Perawatan Cat Mobil Warna Hitam Anti Kusam

 

 

Summary
tips merawat mobil hitam agar tetap kinclong!
Article Name
tips merawat mobil hitam agar tetap kinclong!
Description
apabila warna mobil hitammu sudah mulai kusam/pudar, ikuti tips-tips merawat mobil hitam, ini agar warna mobilmu kembali hitam seperti baru.
Author
Publisher Name
blackpart.id
Publisher Logo