Select Page

Merawat mobil saat musim hujan

Memasuki musim penghujan, jadi pertanda untuk setiap pemilik kendaraan mengetahui beberapa tips merawat mobil saat musim hujan. Yang mana, tips di bawah ini akan memberikan kemudahan bagi pemilik mobil yang harus merawat mobilnya saat musim hujan. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil kamu saat musim hujan:

 

1. Keringkan Mobil Setelah Terkena Hujan

Jangan sampai air hujan kering dengan sendirinya di mobil. Karena, hal itu dapat membuat bagian eksterior mobil menjadi lebih cepat rusak, tepatnya di bagian lapisan pelindung cat mobil. Selain itu air hujan juga dapat menyebabkan jamur dan karat pada bagian mobil.

Hal ini dapat terjadi, karena air hujan mengandung asam dan garam yang dapat merusak lapisan pelindung cat mobil.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya kamu segera mencuci mobil menggunakan shampoo khusus mobil hingga bersih, sesaat setelah mobil terkena hujan.

 

2. Periksa Kondisi Wiper Mobil

Ini penting dilakukan, karena wiper mobil memiliki fungsi sebagai alat pembersih kaca depan mobil dari air hujan dan debu.

Cara yang bisa dilakukan, untuk memastikan kondisi karet wiper mobil baik-baik saja, yaitu dengan menggantinya setiap 6 – 12 bulan sekali atau kamu juga bisa menggunakan produk rain repellent, untuk menjaga karet wiper mobil tetap baik dan tahan lama.

Rain repellent merupakan cairan yang akan memberikan lapisan khusus pada kaca mobil, agar air hujan yang menempel pada kaca semakin mudah disapu oleh wiper, air hujan dapat meluncur dengan sendirinya dari kaca mobil, serta kaca terbebas dari jamur.

 

3. Rajin Membersihkan Kaca Depan Mobil

 

Berikutnya, kamu juga perlu rutin membersihkan kaca depan mobil. Kamu bisa melakukannya dengan cara rutin mengelap kaca depan mobil, sesaat setelah digunakan atau ketika terkena hujan, serta tetap menyalakan AC mobil dengan suhu yang tidak terlalu dingin ketika hujan. Sebab, hal itu akan membantumu menjernihkan kaca mobil, dari embun yang menempel pada kaca akibat hujan.

 

4. Parkir Mobil di Tempat Tertutup

Tips merawat mobil saat musim hujan berikutnya adalah dengan menempatkan mobil di tempat tertutup atau garasi rumah kamu tujuannya adalah untuk melindungi mobil dari paparan air hujan dan debu. Dengan begitu, mobil nantinya tidak akan kotor lagi, setelah dibersihkan dari air hujan sebelumnya.

Namun apabila mobil terpaksa di parkir di ruang terbuka, maka sebaiknya lindungi mobil dengan cover mobil, untuk mencegah mobil terkena air hujan dan paparan sinar matahari langsung.

 

5. Rajin Memanaskan Mesin Mobil

 

Jangan lupa juga untuk rutin memanaskan mesin mobil setiap pagi hari karena apabila tidak di panaskan mesin mobil akan menjadi dingin. Sehingga, apabila ingin menyimpan mobil di garasi untuk waktu yang cukup lama, terlebih pada saat musim hujan, sebaiknya tetap panaskan mobil setiap hari, untuk menjaga kondisi mesin mobil baik-baik saja.

 

Bahaya Air Hujan untuk Mobil

  • Memicu timbulnya jamur pada mobil
  • Memicu timbulnya karat pada mobil
  • Menurunkan kualitas cat mobil
  • Membuat cat mobil lebih cepat pudar

 

Itulah tips – tips untuk merawat mobil kamu saat musim hujan. Jangan lupa untuk selalu merawat mobil kamu apalagi kalau mobil tersebut menunjang aktifitas kamu sehari – hari.

Apabila sampai cat eksteriormu kusam atau lapisan karet mobil kamu jadi kusam karena hujan. Kamu bisa memakai produk Nero by Blackpart.id yang dimana product kami dapat membuat lapisan karet hitam pada mobilmu terlihat seperti baru dengan harga Rp. 49.000 saja.

Untuk memesan kamu dapat pesan di link ini.

 

Baca juga:

Biaya cat ulang mobil hitam full body.

Summary
Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Article Name
Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
Description
Tips buat kamu untuk merawat mobil di saat musim hujan. Lakukan tips berikut ini agar kondisi eksterior mobil kamu terlihat seperti baru.
Author
Publisher Name
Blackpart.id
Publisher Logo